Monday, February 14, 2011

Ziarah ke Masjid IBN ABBAS, Thaif, KSA


13476452641525320895

Masjid Ibn Abbas



Abdullah bin Abbas ra, beliau salah satu sahabat Nabi SAW yang amat di cintai oleh Rasulullah SAW yang lebih terkenal dengan sebutan “Ibn Abbas ra’’.


Nabi Muhammad Saw dua kali datang di Thaif dalam rangka berdakwah. Pertama pada waktu beliau mengajak dan mencari suaka politik di Thaif karena orang kafir Makkah memusuhinya. Tetapi, penduduk Thaif menolak, bahkan mencaci dan melemparinya dengan batu, hingga kaki Nabi Muhammad SAW berdarah-darah. Tetapi, kondisi itu tidak membuat Nabi SAW menyesal atau dendam kepada mereka. Malahan beliau mendo’akan orang-orang yang menyakitinya agar Allah SWT memberikan hidayah. Karena memang penduduk Thaif yang memusuhinya kondisinya masih jahiliyyah alias tidak mengerti.


Berikutnya, Nabi SAW dan Abu Bakar, Umar, Ali Ibn Abi Thalib ra untuk membebaskan kota Thaif. Nabi Saw dengan beberapa sahabat lain mengajak Bani Tsaqif untuk memeluk islam setelah perang Hunain. Di Thaif terjadi peperangan, 11 sahabat Nabi Saw gugur menjadi sahid. Mereka di makamkan di Thaif (makam para syuhada), dimana dekat tempat itu sekarang di bangun Masjid Besar.


ketika berkunjung ke Thaif tidak lepas dari kisah Ibnu Abbas ra. Dimana beliau pernah berwasiat agar kelak kalau meninggal di makamkan di Thaif bersama para syuhada. Alasannya sangat sederhana, beliau merasa tidak pantas di Makkah, sebab Makkah adalah tanah suci, sementara dirinya merasa banyak dosanya. Sungguh mulia Abdullah bin Abbas ra. Seorang sahabat sejati yang mencintai Nabi Saw dan dicintai Nabi. Thaif menjadi tempat peristirahatan terakhirnya.


Masjid besar yang dibangun di Thaif dinamakan dengan Masjid Abdullah Ibn Abbas. Di bangun pada tahun 592 H. Dinamakan Masjid Ibn Abbas, karena tempatnya disamping Makam Ibn Abbas. Makam Ibn Abbas terletak di depan tempat sholat wanita sekarang. Ada juga seorang tokoh besar yang bernama Imam Muhammad bin Al-Hanafiyah bin Ali Ibn Abi Thalib.


Jadi berkunjung ke-Thaif tidak hanya sekedar rekreasi. Lebih dari meneladani kecerdasan Abdullah Ibn Abbas dan kegigihan dan keberanian 11 para sababat Nabi yang membela Islam. Semoga, ketika berada di Makkah tidak hanya menikmati indahnya kota Thaif, lebih dari itu berziarah kepada Abdullah bin Abbas, sekaligus tahiyyatul masjid di Masjid Ibn Abbas ra.



13476455592045832818

Masjid Ibn Abbas

Sumiati