Sunday, February 13, 2011

Tujuan Bandara Minangkabau, Sriwijaya Air Justru Mendarat di Padang


Ilustrasi foto Sriwijaya Air (detikcom)
Padang Sebuah pesawat milik maskapai Sriwijaya Air salah mendarat di Bandara Tabing Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (13/10/2012) sekitar pukul 17.00 WIB. Pesawat yang terbang dari Medan menuju Padang itu semestinya mendarat di Bandara International Minangkabau (BIM).

General Manejer Angkasa Pura II, Agus Kemal ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan pesawat tersebut salah mendarat. Kesalahan tersebut, menurut dia, diduga karena pilot tidak mengenal wilayah.

"Ya, memang benar salah mendarat. Pesawat mendarat dari arah selatan. Tidak ada kesalahan navigasi maupun peralatan di Bandara Minangkabau. Seluruh peralatan berfungsi normal, komunikasi juga normal,” ujarnya.

Dikatakan Agus, pilot membawa pesawat dari arah selatan Kota Padang untuk mendarat ke Bandara Minangkabau. Namun salah menyangka Bandara Tabing sebagai Bandara Minangkabau.

"Kesalahan itu terjadi diduga karena pilot dan co-pilotnya tidak mengenal wilayah. Mereka berdua orang asing. Lagi pula, kalau kita terbang dari arah selatan, yang terlihat lebih dulu kan run away Bandara Tabing," ujarnya.

Agus memastikan seluruh penumpang dan kru yang berada di atas pesawat selamat. Pihak Angkasa Pura mengangkut penumpang dengan bus ke Bandara Minangkabau.

"Pesawatnya masih di Bandara Tabing. Nanti akan kita minta terbangkan ke Bandara Minangkabau," katanya.


sumber