Sunday, February 13, 2011

Inilah Bajakan dari WikiLeaks Versi Indonesia,Must See!






Situs kontroversi WikiLeaks memiliki efek yang cukup besar di dunia. Kini, sebuah situs serupa versi Indonesia telah muncul.

“Indoleaks muncul sebagai jawaban atas kebuntuan informasi. Terutama informasi yang berpeluang menjadi bumerang pada penguasa, politisi dan kaum jahat lainnya di Indonesia,” ujar Indoleaks pada bagian ‘Tentang Kami’.

Situs yang dibuat pada 7 Desember 2010 itu mengklaim memiliki ratusan koleksi dokumen. Namun, Indoleaks memilih dan menyeleksi dokumen yang pantas untuk diketahui publik.

Sayangnya, sebagai situs yang menyerukan keterbukaan informasi dan transparansi, Indoleaks belum mengungkap identitas para pengurusnya. Situs dengan tampilan sederhana ini pun mengajak mereka yang ingin berbagi informasi penting agar mengirimkan dokumen yang mereka miliki ke email Indoleaks dengan beberapa syarat.

Syarat itu diantara lain, dokumen harus asli tanpa ada opini menyertainya, memiliki kepentingan publik, dan tidak terkait dengan rekening rekam jejak kesehatan seseorang atau rahasia pribadi lainnya.

Indoleaks juga menyatakan bersedia melindungi narasumbernya dengan nama anonim. Hingga kini, Indoleaks telah menerbitkan beberapa dokumen, termasuk laporan kedubes AS mengenai Timor Timur, transkrip mantan presiden Soeharto dengan Gerald Ford, laporan akhir Tim Pencari Fakta (TPF) kasus Munir, serta Memorandum of Understanding (MoU) pemerintah Indonesia dan Microsoft. 
 
 
http://www.slowbos.com/showthread.php?t=83438