Sunday, February 13, 2011

Renungan : Berhentilah mengeluh dan lakukanlah sesuatu



Tahukah Anda ~ Pantaskah kita mengeluh? Padahal kita telah dikaruniai sepasang lengan yang kuat untuk mengubah dunia. Layakkah kita berkeluh kesah? Padahal kita telah dianugerahi kecerdasan yang memungkinkan kita untuk membenahi segala sesuatunya.

Kesulitan dan adalah bagian dari hidup kita. Kita harus menghadapi dengan tegar setiap kesulitan yang ada dalam hidup kita. Namun kebanyakan orang justru malah mengeluh sambil menyalahkan semuanya, menyalahkan orang lain, pemerintah, lingkungan, kondisi ekonomi, politik, dan berbagai hal lain. Tapi hanya satu yang jarang disalahkan, yaitu dirinya sendiri.

Sesungguhnya, ada orang yang lebih berhak mengeluh dibanding kita. Sayangnya suara mereka parau tak terdengar, karena mereka tak sempat lagi untuk mengeluh. Beban kehidupan yang berat lebih suka mereka jalani daripada mereka sesali. Jika demikian masihkan kita lebih suka mengeluh daripada menjalani tantangan hidup ini?


Lebih baik menyalakan lilin, daripada mengutuk kegelapan.

Artinya, Lebih baik melakukan sesuatu, daripada hanya mengeluh dgn keadaan.


Jika dalam penjelasan di atas ada yang sobat kurang mengerti, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat terima kasih.