Saturday, February 5, 2011

Al-Farabi, Filsuf Muslim Abad Pertengahan (1)

Al-Farabi, Filsuf Muslim Abad Pertengahan (1)

Al-Farabi (ilustrasi).

Sosok Al-Farabi banyak menarik perhatian ilmuwan lainnya pada abad pertengahan. Pasalnya, ia dikenal sebagai salah seorang ahli filsafat Muslim yang sangat mumpuni.

Dunia pun mendaulatnya sebagai ‘mahaguru kedua’ setelah Aristoteles. Julukan itu disematkan kepada Abu Nasr Muhammad Ibnu Al-Farakh Al-Farabi, atas kiprah, jasa, dan dedikasinya sebagai seorang filsuf dan ilmuwan terbaik di zamannya.

Karenanya, tak heran bila banyak yang mendaulatnya sebagai guru kedua setelah pemikir besar Yunani kuno tersebut. Filsuf Islam yang dikenal di dunia barat dengan nama Alpharabius itu adalah sosok ilmuwan yang serbabisa.

Tak seperti Ibnu Khaldun yang sempat menulis autobiografi, Al-Farabi tidak menulis autobiografi dirinya. Tak ada pula muridnya yang mengabadikan latar belakang hidup sang legenda itu sebagaimana Al-Jurjani yang mencatat jejak perjalanan hidup gurunya, Ibnu Sina.

Karenanya, tak aneh bila muncul beragam versi mengenai asal-muasal Al-Farabi. Ahli sejarah Arab pada abad pertengahan, Ibnu Abi Osaybe'a, menyebutkan bahwa ayah Al-Farabi berasal dari Persia. Mohammad Ibnu Mahmud Al-Sahruzi juga menyatakan Al-Farabi berasal dari sebuah keluarga Persia.

Namun, menurut Ibnu Al-Nadim, Al-Farabi berasal dari Faryab di Khurasan. Faryab adalah nama sebuah provinsi di Afghanistan. Keterangan itu diperoleh oleh Al-Nadim dari temannya bernama Yahya ibnu Adi yang dikenal sebagai murid terdekat Al-Farabi.

Sejumlah ahli sejarah dari Barat, salah satunya Peter J King, juga menyatakan bahwa Al-Farabi berasal dari Persia. Berbeda dengan pendapat para ahli di atas, ahli sejarah abad pertengahan, Ibnu Khallikan, mengklaim bahwa Al-Farabi lahir di sebuah desa kecil bernama Wasij di dekat Farab (sekarang Otrar berada di Kazakhstan).

Konon, ayahnya berasal dari Turki. Dan menurut Encyclopedia Britannica, Al-Farabi juga berasal dari Turki.

Redaktur: Chairul Akhmad
Reporter: Nidia Zuraya